Selasa, 31 Januari 2017

Cara alami merawat furniture kayu agar tetap bersih awet dan mengkilap

Cara alami merawat furniture kayu
gambar dari: vedcmalang.com



Cara alami merawat furniture kayu | Furniture merupakan segala perlengkapan rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat menyimpan barang, tempat duduk, tempat tidur dan lain sebagainya, misalnya saja seperti kursi, meja, lemari dan perabot lainya. Sampai saat ini furniture yang terbuat dari bahan partikel kayu banyak diminati oleh para konsumen dibandingkan dengan perabot/furniture yang terbuat dari bahan besi maupun plastik.

Ya semua itu karena furniture yang berbahan dari partikel kayu mempunyai banyak kelebihan, lebih murah jika dibandingkan dengan besi, dan lebih kuat jika dibandingkan dengan yang berbahan plastik dan harganya terjangkau. selain itu perabot/furniture yang terbuat dari kayu lebih terlihat indah dan elegan, apalagi jika finishingnya bagus akan tampak terlihat indah.

Apabila anda mempunyai furniture yang terbuat dari bahan dasar kayu lantas bagaimanakah cara alami merawat furniture kayu tersebut supaya tetap awet dan tidak kusam??

Sebelum berlanjut ke pokok pembahasan mengenai cara alami merawat furnitre dari kayu, perlu anda ketahui terlebih dahulu faktor apa saja yang membuat furniture tersebut cepat keropos, retak-retak, dan masalah lainya.


Penyebab kayu keropos dan lapuk




1. Dikarenakan air

Barang apapun apabila terkena air maka akan menjadi lapuk, tidak hanya kayu saja, besi pun dapat berkarat apabila terkena air. Ya salah satu penyebab kayu keropos adalah dikarenakan terkena air, entah itu air hujan atau air lainya.

2. Dikarenakan rayap

Rayap merupakan salah satu hewan yang sering kali memakan kayu, baik kayu yang sudah menjadi furniture maupun kayu yang masih berbentuk pohon. Hal ini merupakan pelapukan yang disebut pelapukan organik, yang mena pelapukan tersebut disebabkan oleh makhluk hidup.

3. Dkarenakan sinar matahari

Selain air dan rayap salah satu penyebab kayu/furniture mudah keropos adalah terpapar sinar matahari terus menerus. Pertama-tama apabila kayu terpapar sinar matahari secara terus menerus kayu tersebut akan retak-retak, dan setelah itu kayu akan menjadi lapuk.


Itulah 3 penyebab kayu mudah keropos yang perlu kita ketahui, dengan mengetahui 3 penyebab tersebut tentunya dapat memberikan inspirasi pada kita mengenai cara alami merawat furniture kayu. Sayang kan apabila furniture yang kita miliki cepat keropos/kusam, apalagi furniture tersebut mempunyai harga yang fantastic atau mempunyai nilai seni tinggi. Untuk itu berikut ini saya berikan tips cara alami merawat furniture kayu agar tetap bersih awet dan mengkilap.




Cara alami merawat furniture kayu agar tidak keropos



Untuk cara merawat furniture kayu sebenarnya meliputi 2 langkah, yaitu penempatan furniture tersebut dan cara perawatanya, percuma saja perawatanya sangat-sangat baik namun penempatanya asal-asalan, begitupun sebaliknya. Ok langsung saja hal yang harus diperhatikan ketika merawat furniture kesayangan:


1. Penempatan furniture

Cara alami merawat furniture kayu yang pertama adalah mengenai penempatanya, penempatan furniture yang baik adalah yang jauh dari air, atau udara lembab. Misalnya saja rumah anda didesain dengan memberikan taman kecil ditengah-tengah rumah dan sengaja atapnya diberi lubang supaya air hujan dapat masuk. Bila desain rumah anda seperti itu maka jauhkan furniture tersebut dari tempat itu, supaya jika hujan turun furniture yang anda miliki tidak terkena air.

Dan jika apabila daerah anda sering dilanda banjir musiman maka cara terbaiknya adalah, sesegara mungkin pindahkan furniture anda apabila banjir mulai datang. Dan jika furniture tersebut terlanjur terkena air maka segeralah mengelap/mengeringkan dengan kain lap.

2. Perawatan furniture


- Membersihkan debu

Bersihkanlah debu yang terdapat pada furniture tersebut secara teratur, Meskipun rumah anda bersih sejuk dan ber AC, tetap saja ada debu yang berterbangan yang tidak dapat kita lihat. Untuk itu bersihkan debu tersebut secara teratur supaya tidak mengendap dan sulit untuk dibersihkan, bersihkan debu tersebut menggunakan sulak atau bisa juga dengan tisu.

- Pengelapan

Cara merawat furniture kayu selanjutnya mengenai pengelapan, Ketika pengelapan perhatikanlah bahan apa yang digunakan untuk finishingnya, misalnya saja furniture tersebut difinishing menggunakan cat duco maka jangan mengelapnya menggunakan bahan kimia, karena dapat melunturkan cat tersebut. Gunakan saja lap yang dibasahi dengan sedikit air, lakukan secara teratur, bisa seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

Dan jika furniture anda difinishing menggunakan bahan pelitur maka anda dapat menggunakan cairan khusus yang memang sudah disediakan, jangan lupa untuk membaca cara penggunaanya.

Pertama-tama ketika pengelapan bersihkan terlebih dahulu furniture anda dari debu yang menempel, kemudian semprotkan cairan khusus kepermukaan furniture dan sela-sela sudut-sudutnya, lalu gunakan lap/kain bersih untuk mengelap permukaan yang sudah disemprot tadi, perlahan-lahan saja sampai nampak mengkilap, Lakukan langkah-langkah tersebut secara konsisten dan teratur.


Dan apabila daerah anda merupakan darah yang memiliki suhu lembab tanpa disadari furniture yang anda miliki tumbuh jamur maka anda dapat menghilangkanya dengan bahan alami, ga ribet, dan bahan tersebut mudah didapatkan, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya sebelumnya cara alami hilangkan jamur pada furniture.

Demikian sedikit informasi cara alami merawat furniture kayu agar bersih, awet dan mengkilap yang dapat saya sampaikan.. terima kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top