Kamis, 19 Januari 2017

Menata ruang tidur supaya terasa nyaman

Cara menata ruang tidur supaya terasa nyaman | Kualitas tidur merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh setiap orang. Dengan kualitas tidur yang baik tentu tubuh kita akan terasa segar dan juga sehat ketika kita bangun dipagi harinya. Kualitas tidur yang sehat dari tiap orang dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu seberapa lama kita tidur dan senyaman apakah kita tidur.

Dalam sehari durasi tidur bagi orang dewasa kurang lebih 8jam setiap harinya, hal inilah yang mesti kita perhatikan, karena dijaman sekarang ini kebanyakan orang tidur hanya beberapa jam saja, sehingga banyak penyakit yang datang tanpa disadari. Selain durasi tidur yang cukup, kualitas tidur yang yang baik juga dipengaruhi oleh senyaman apakah kita tidur. Kenyamanan kita tidur tentu dipengaruhi oleh faktor ruang tidur yang kita gunakan.


Menata ruang tidur supaya terasa nyaman
gambar dari lihat.co.id




Ruang tidur yang rapi, bersih dan nyaman sangat penting dan harus kita ciptakan supaya tidur kita terasa nyaman, untuk itu menata ruang tidur supaya terasa nyaman harus memerlukan kecermatan. Mulai dari penempatan perabotanya, pemilihan warna dindingnya, dan kebersihanya, sehingga anda akan merasakan nyaman ketika tidur pada ruang tidur tersebut. Dan inilah sedikit cara menata ruang tidur supaya terasa nyaman.


Tips menata ruang tidur minimalis supaya terasa nyaman



1. Penataan perabotanya

Perabot sebuah ruang tidur sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan kita ketika berada pada ruang tidur tersebut, sehingga ketika memang diperlukan kita tidak usah bolak-balik ke ruangan lain. Umumnya Perabot yang sering kali ditaruh pada ruang tidur adalah lemari dan rak dinding. Ya perabot tersebut kita gunakan untuk menyimpan baju, dan barang lainya. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah seberapa banyak kita membutuhkan perabot tersebut, 1 lemari, 2 lemari atau 3 lemari. Karena yang perlu ditekankan adalah taruhlah perabot secukupnya saja ( jangan berlebihan) Karena apabila berlebihan dapat membuat ruang tidur yang kita miliki terasa sempit.

Selain perabot tersebut, tempat tidur salah satu barang yang sering ada pada ruang tidur setiap orang, namun jika anda merasa tidak nyaman jika tidur dengan tempat tidur/dipan maka anda dapat tidur dilantai dengan beralaskan kasur saja. Jadi intinya taruhlah perabot yang penting saja untuk ruang tidur yang anda miliki. Maka dari itu, sebaiknya pilih barang-barang yang memang hanya diperlukan. Sehingga tidak terjadi penumpukan barang dan Anda pun juga akan merasa nyaman saat berada di ruang tidur.

2. Manfaatkan ruang sudut

Menata ruang tidur supaya terasa nyaman
gambar dari lazada.
 

Mungkin Anda tidak pernah terpikirkan untuk memanfaatkan sudut ruang tidur yang anda miliki, Jika ruang tidur anda memiliki ukuran yang terbatas/sempit anda dapat memasang rak gantung sudut pada bagian tersebut. Dengan begitu rak gantung sudut tersebut dapat anda manfaatkan untuk menaruh barang-barang lain yang diperlukan ketika anda didalam kamar tidur.

3. Perhatikan warna dinding dan lantai

Menata ruang tidur supaya terasa nyaman yang kedua adalah dengan memperhatikan warna pada dinding dan lantainya, meskipun warna favorit dari tiap orang berbeda-beda namun warna yang tepat untuk sebuah ruang tidur adalah warna yang tidak gelap. Karena warna gelap akan lebih memberikan kesan sempit dan pengap, sehingga dapat membuat anda merasa tidak nyaman, meskipun warna gelap tersebut merupakan warna favorit anda.

Untuk itu pilihlah waran yang cerah saja untuk ruang tidur yang anda miliki, misalnya saja warna putih, biru atau warna lain yang cerah. Karena warna cerah dapat membuat ruang tidur anda terlihat lebih bersih dan lega, shingga nyaman ketika berada didalamya.

4. Pencahayaan

Menata ruang tidur supaya terasa nyaman yang ketiga adalah pencahayaan, setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, sebagai contohnya kebiasaan ketika tidur. Ada yang terbiasa tidur dengan cahaya lampu yang terang, ada juga yang terbiasa tidur dengan cahaya lampu yang redup. Untuk itulah sediakan 2 lampu yang memancarkan cahaya yang terang dan redup pada ruang tidur anda. Dengan begitu anda dapat memilih lampa mana yang membuat anda merasa nyaman dinyalakan ketika anda sedang tidur.

5. Kerapihan

Ya kerapihan suatu ruang tidur sangat mempengaruhi nyaman tidaknya ruang tidur tersebut, jika ruang tidur terlihat berantakan sudah dapat dipastikan anda akan merasa tidak nyaman berada pada ruang tersebut, apalagi disuruh tidur pasti sangat tidak nyaman sehingga kualitas tidur anda menjadi kurang. Untuk itu rapikan ruang tidur anda, jika sekiranya ada barang yang tidak diperlukan, ringkas/atau pindahkan barang tersebut.

6. Kebersihan

Yang terakhir adalah kebersihan, ini adalah tugas anda, tugas untuk membersihkanya setiap hari supaya ruang tidur yang anda miliki selalu bersih dan nyaman. Karena kebersihan, kerapihan dan kecermatan dalam menata perabot adalah kunci supaya ruang tidur anda menjadi nyaman dan kualitas tidur anda semakin baik.


Itulah sedikit cara menata ruang tidur supaya terasa nyaman yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top